Penjaminan Mutu

BADAN PENJAMINAN MUTU

ITSK RS dr SOEPRAOEN

 

A. Tujuan Sistem Penjaminan Mutu Internal (SPMI)

Seluruh sivitas akademika ITSK RS dr. Soepraoen Malang  berkeyakinan bahwa SPMI bertujuan untuk:

  1. Menjamin bahwa setiap layanan pendidikan kepada mahasiswa dilakukan sesuai standar yang telah ditetapkan, sehingga apabila diketahui bahwa standar tersebut tidak bermutu atau terjadi penyimpangan antara kondisi riil dengan standar akan segera diperbaiki;
  2. Mewujudkan transparansi dan akuntabilitas kepada masyarakat, khususnya orang tua / wali mahasiswa, tentang penyelenggaraan pendidikan sesuai dengan standar yang ditetapkan;
  3. Mengajak semua pihak dalam ITSK RS dr. Soepraoen Malang untuk bekerja mencapai tujuan dengan berpatokan pada standar dan secara berkelanjutan berupaya untuk meningkatkan mutu.

 

B. Tugas BPM :

Tugas Badan Penjaminan Mutu (BPM) ITSK RS dr. Soepraoen Malang adalah sebagai berikut.

  1. Menyusun rencana dan program penjaminan mutu, melakukan pengendalian, pengawasan.
  2. Melakukan monitoring dan evaluasi terhadap kegiatan yang ada.
  3. Menentukan Standar Operasional Prosedur (SOP) yang harus dijalankan di dalam program studi.
  4. Bekerjasama dengan unit terkait lain melaksanakan siklus Penjaminan Mutu:
  5. Memonitor dan mengevaluasi pelaksanaan penjaminan mutu.
  6. Melaksanakan dan mengembangkan audit mutu internal akademik dan non akademik.
  7. Melaporkan pelaksanaan penjaminan mutu kepada  Rektor  ITSK RS dr. Soepraoen Malang.
  8. Memberi masukan kepada Rektor ITSK bagi pengembangan mutu institusi.

 

C. Model Manajemen Pelaksanaan SPMI

Sistem Penjaminan Mutu Internal (SPMI) di ITSK RS dr. Soepraoen Malang dirancang, dilaksanakan dan ditingkatkan mutunya berkelanjutan dengan berdasarkan pada model PPEPP (Penetapan, Pelaksanaan, Evaluasi, Pengendalian, dan Peningkatan Standar). Dengan model ini, maka ITSK RS dr. Soepraoen Malang akan menetapkan terlebih dahulu tujuan yang ingin dicapai melalui strategi dan serangkaian aktivitas yang tepat yaitu menghasilkan lulusan yang mempunyai kompetensi yang telah ditentukan yang kemudian pencapaian tujuan melalui strategi dan aktivitas tersebut akan selalu dimonitor secara berkala, dievaluasi dan dikembangkan ke arah yang lebih baik secara berkelanjutan.

Dengan model manajemen PPEPP, maka setiap unit dalam lingkungan ITSK RS dr. Soepraoen Malang secara berkala harus melakukan proses evaluasi diri untuk menilai kinerja unitnya sendiri dengan menggunakan standar dan prosedur yang telah ditetapkan. Hasil evaluasi diri akan dilaporkan kepada pimpinan unit, seluruh staf pada unit bersangkutan, dan kepada pimpinan ITSK RS dr. Soepraoen Malang. Terhadap hasil evaluasi diri pimpinan unit dan pimpinan ITSK RS dr. Soepraoen Malang akan membuat keputusan tentang langkah atau tindakan yang harus dilakukan untuk memperbaiki dan meningkatkan mutu.

Melaksanakan SPMI dengan model manajemen PPEPP juga mengharuskan setiap unit dalam ITSK RS dr. Soepraoen Malang bersikap terbuka, kooperatif, dan siap untuk diaudit atau diperiksa oleh tim auditor internal yang telah mendapat pelatihan khusus tentang audit SPMI.  Audit (evaluasi dan pengendalian standar) yang dilakukan setiap semester dan akhir tahun akademik akan direkam dan dilaporkan kepada pimpinan unit dan ITSK RS dr. Soepraoen Malang, untuk kemudian diambil tindakan tertentu berdasarkan hasil temuan dan rekomendasi dari tim auditor.

Semua proses di atas dimaksudkan untuk menjamin bahwa setiap kegiatan penyelenggaraan pendidikan tinggi pada ITSK RS dr. Soepraoen Malang   terjamin mutunya, dan bahwa SPMI ITSK RS dr. Soepraoen Malang pun juga selalu dievaluasi untuk menemukan kekuatan dan kelemahannya, sehingga dapat dilakukan perubahan ke arah perbaikan secara berkelanjutan.

D. Strategi SPMI ITSK RS dr. Soepraoen Malang

Strategi ITSK RS dr. Soepraoen Malang  dalam melaksanakan SPMI adalah:

  1. Melibatkan secara aktif semua sivitas akademika sejak tahap perencanaan hingga tahap evaluasi dan tahap pengembangan SPMI;
  2. Melibatkan pula organisasi profesi, alumni, dunia usaha dan pemerintahan sebagai pengguna lulusan, khususnya pada tahap penetapan standar SPMI;
  3. Melakukan pelatihan secara terstruktur dan terencana bagi para dosen dan staf administrasi tentang SPMI, dan secara khusus pelatihan sebagai auditor internal;
  4. Melakukan sosialisasi tentang fungsi dan tujuan SPMI kepada para pemangku kepentingan secara periodik.

F. Langkah Pelaksanaan SPMI

1.    Lakukan persiapan teknis dan/atau administratiff sesuai dengan isi standar.

2.    Sosialisasikan isi standar kepada seluruh dosen, tenaga kependidikan, mahasiswa, pimpinan lembaga/ badan/ pusat/ unit/ prodi secara periodik dan konsisten.

3.    Siapkan dan tuliskan dokumen tertulis berupa: Prosedur kerja atau SOP, instruksi kerja, atau sejenisnya sesuai dengan isi standar.

4.    Laksanakan kegiatan penyelenggaraan pendidikan menggunakan standar sebagai tolok ukur pencapaian.

G. Langkah Evaluasi dan Pengendalian Standar

1.    Lakukan diagnostic evaluation, yaitu evaluasi yang bertujuan mengetahui kelemahan atau kendala yang dapat menghalangi pelaksanaan isi standar dan mengambil langkah yang diperlukan untuk mengatasi kelemahan atau kendala tersebut.

2.    Lakukan formative evaluation, yaitu evaluasi yang bertujuan memantau (monitoring) proses pelaksanaan standar untuk mengambil tindakan pengendalian, apabila ditemukan kesalahan atau penyimpangan yang dapat berakibat isi standar tidak terpenuhi, atau memperkuat pencapaian pelaksanaan standar.

3.    Lakukan summative evaluation, yaitu evaluasi yang bertujuan menganalisis hasil akhir pelaksanaan standar sehingga dapat disimpulkan, antara lain, tentang efektivitas, keberhasilan, dan dampak atau outcomes dari pelaksanaan standar. Cara melakukan evaluasi dilakukan dengan membandingkan antara isi standar dengan faktual sedang atau telah dilakukan untuk dinilai apakah sesuai dan/atau memenuhi Standar Dikti. Hal yang dievaluasi dapat terdiri atas: 1) proses, 2) prosedur atau mekanisme, 3) keluaran atau produk, dan 4) hasil atau dampaknya.

4.    Lakukan pengendalian yang merupakan tindak lanjut atas hasil yang diperoleh dari kegiatan evaluasi. Jika hasil evaluasi menunjukkan bahwa pelaksanaan isi standar telah sesuai dengan apa yang direncanakan sehingga dipastikan isi standar akan terpenuhi, langkah pengendaliannya hanya berupa upaya agar hal positif tersebut tetap dapat berjalan sebagaimana mestinya. Sebaliknya, jika dalam evaluasi pelaksanaan standar ditemukan kekeliruan, ketidaktepatan, kekurangan atau kelemahan yang dapat menyebabkan kegagalan pencapaian isi standar atau tujuan/sasaran/rencana, harus dilakukan langkah pengendalian. Langkah pengendalian ini berupa tindakan korektif atau perbaikan untuk memastikan pemenuhan perintah/ kriteria/sasaran di dalam standar.

5.    Catat atau rekam semua temuan berupa penyimpangan, kelalaian, kesalahan, atau sejenisnya dari penyelenggaraan pendidikan yang tidak sesuai dengan isi standar.

6.    Catat pula bila ditemukan ketidak-lengkapan dokumen seperti prosedur kerja, formulir, dsbnya dari setiap standar yang telah dilaksanakan.

7.    Periksa dan pelajari alasan atau penyebab terjadinya penyimpangan dari isi standar, atau bila isi standar gagal dicapai.

8.    Ambil tindakan korektif terhadap setiap pelanggaran atau penyimpangan dari isi standar.

9.    Catat atau rekam semua tindakan korektif yang diambil.

10. Pantau terus menerus efek dari tindakan korektif tersebut, misal: apakah kemudian penyelenggaraan pendidikan kembali berjalan sesuai dengan isi standar.

11. Buat laporan tertulis secara periodik tentang semua hal yang menyangkut pengendalian standar seperti diuraikan di atas.

12. Laporkan hasil dari pengendalian standar itu kepada pimpinan unit kerja dan pimpinan ITSK, disertai saran atau rekomendasi.

 

 

H. Daftar Prosedur Penjaminan Mutu di ITSK RS dr Soepraoen

I. Manual Penetapan Standar (1 SOP)

1.      SOP/Pntp/STD/01. SOP Penetapan Standar

II.  Manual Pelaksanaan Standar (63 SOP)

2.      SOP/Plks/SNP.01.  SOP Pencapaian Kompetensi Lulusan

3.      SOP/Plks/SNP.02.  SOP Pencapaian Isi Pembelajaran

4.      SOP/Plks/SNP.03.  SOP Proses Pembelajaran

5.      SOP/Plks/SNP.04.  SOP Penilaian Pembelajaran

6.      SOP/Plks/SNP.05.  SOP Pencapaian Standar Dosen dan Tenaga

Kependidikan

7.      SOP/Plks/SNP.06.  SOP Pencapaian Standar Sarpras Pembelajaran

8.      SOP/Plks/SNP.07.  SOP Pengelolaan Pembelajaran

9.      SOP/Plks/SNP.08.  SOP Pencapaian Standar Pembiayaan Pembelajaran

10.    SOP/Plks/SP.01. SOP Pencapaian Hasil Penelitian

11.    SOP/Plks/SP.02. SOP Pencapaian Isi Penelitian

12.    SOP/Plks/SP.03. SOP Proses Penelitian

13.    SOP/Plks/SP.04. SOP Penilaian Penelitian

14.    SOP/Plks/SP.05. SOP Pencapaian Standar Peneliti

15.    SOP/Plks/SP.06. SOP Pencapaian Standar Sarana dan Prasarana

Penelitian

16.    SOP/Plks/SP.07. SOP Pengelolaan Penelitian

17.    SOP/Plks/SP.08. SOP Pendanaan dan Pembiayaan Penelitian

18.    SOP/Plks/ PkM.01. SOP Pencapaian Hasil PkM

19.    SOP/Plks/PkM.02. SOP Pencapaian Isi PkM

20.    SOP/Plks/PkM.03. SOP Proses PkM

21.    SOP/Plks/PkM.04. SOP Penilaian PkM

22.    SOP/Plks/PkM.05. SOP Pencapaian Pelaksana PkM

23.    SOP/Plks/PkM.06. SOP Pencapaian Standar Sarana dan Prasarana PkM

24.    SOP/Plks/PkM.07. SOP Pengelolaan PkM

25.    SOP/Plks/PkM.08.  SOP Pendanaan dan Pembiayaan PkM

26.    SOP/Plks/ ITSK.RSS.01. SOP. Pencapaian Standar Aspek Berkarakter Untuk Kesejahteraan Bangsa Berlandaskan Multikultur

27.    SOP/Plks/ ITSK.RSS.02. SOP. Pembimbingan TA

28.    SOP/Plks/ ITSK.RSS.03. SOP. Pembimbingan Akademik

29.    SOP/Plks/ ITSK.RSS.04. SOP. Pencapaian Standar Kinerja Program Studi

30.    SOP/Plks/ ITSK.RSS.05. SOP. Pencapaian Standar Kinerja Laboratorium

31.    SOP/Plks/ ITSK.RSS.06. SOP. Pencapaian Standar Kinerja Perpustakaan

32.    SOP/Plks/ ITSK.RSS.07. SOP. Pencapaian Standar Suasana Akademik

33.    SOP/Plks/ ITSK.RSS.08. SOP. Studi Lanjut Dosen

34.    SOP/Plks/ ITSK.RSS.09. SOP. Penjadwalan dan Perubahan Jadwal Perkuliahan

35.    SOP/Plks/ ITSK.RSS.10. SOP. Peninjauan Kurikulum

36.    SOP/Plks/ ITSK.RSS.11. SOP. Daftar Ulang Mahasiswa

37.    SOP/Plks/ ITSK.RSS.12. SOP. Penyusunan KRS  Mahasiswa

38.    SOP/Plks/ ITSK.RSS.13. SOP. Penyusunan KHS  Mahasiswa

39.    SOP/Plks/ ITSK.RSS.14. SOP. Kuliah Semester Pendek

40.    SOP/Plks/ ITSK.RSS.15. SOP. Cuti Akademik Mahasiswa

41.    SOP/Plks/ ITSK.RSS.16. SOP. Ujian TA

42.    SOP/Plks/ ITSK.RSS.17. SOP. Tata Pamong

43.    SOP/Plks/ ITSK.RSS.18. SOP. Penerimaan Dosen dan Tenaga  Kependidikan

44.    SOP/Plks/ ITSK.RSS.19. SOP. Pencapaian Standar Kinerja Dosen

45.    SOP/Plks/ ITSK.RSS.20. SOP. Pencapaian Standar Kinerja Tenaga Kependidikan

46.    SOP/Plks/ ITSK.RSS.21. SOP. Pengelolaan Anggaran

47.    SOP/Plks/ ITSK.RSS.22. SOP. Penyelesaian Pelanggaran Kode Etik

48.    SOP/Plks/ ITSK.RSS.23. SOP. Pengadaan Sarana Prasarana

49.      SOP/Plks/ ITSK.RSS.24. SOP. Pemeriksaan, penerimaan, pendistribusian barang

50.      SOP/Plks/ ITSK.RSS.25. SOP. Inventarisasi Sarana dan Prasarana

51.      SOP/Plks/ ITSK.RSS.26. SOP. Pemeliharaan dan Perbaikan Sarana dan Prasarana

52.    SOP/Plks/ ITSK.RSS.27. SOP. Penggunaan Listrik, Telpon, dan Air

53.      SOP/Plks/ ITSK.RSS.28. SOP. Pengunaan Aula

54.      SOP/Plks/ ITSK.RSS.29. SOP. Peminjaman Barang Bergerak dan Peralatan

55.    SOP/Plks/ ITSK.RSS.30. SOP. Penghapusan Barang

56.    SOP/Plks/ ITSK.RSS.31. SOP. Pencapaian Standar Sistem Informasi

57.    SOP/Plks/ ITSK.RSS.32. SOP. Pencapaian Standar Kemahasiswaan

58.    SOP/Plks/ ITSK.RSS.33. SOP. Pelayanan Beasiswa

59.    SOP/Plks/ ITSK.RSS.34. SOP. Pelayanan Administrasi Proposal Kegiatan Mahasiswa

60.    SOP/Plks/ ITSK.RSS.35. SOP. Penanganan Keluhan Pelanggan

61.    SOP/Plks/ ITSK.RSS.36. SOP. Pencapaian Kepuasan Stakeholders Internal.

62.    SOP/Plks/ ITSK.RSS.37. SOP. Pendaftaran Wisuda

63.    SOP/Plks/ ITSK.RSS.38. SOP. Penelusuran Lulusan

64.    SOP/Plks/ ITSK.RSS.39. SOP. Penyusunan MoU

65.    SOP/Plks/ ITSK.RSS.40. SOP. Pelaksanaan Kerjasama

 

I. Daftar Standar Penjaminan Mutu di ITSK RS dr Soepraoen

A.   Standar Nasional Pendidikan:

1.    STD/SPMI-ITSK.RSS/SNP.01. Standar Kompetensi Lulusan

2.    STD/SPMI-ITSK.RSS/SNP.02. Standar Isi Pembelajaran

3.    STD/SPMI-ITSK.RSS/SNP.03. Standar Proses Pembelajaran

4.    STD/SPMI-ITSK.RSS/SNP.04. Standar Penilaian Pembelajaran

5.    STD/SPMI-ITSK.RSS/SNP.05. Standar Dosen dan Tenaga Kependidikan.

6.    STD/SPMI-ITSK.RSS/SNP.06. Standar Sarana dan Prasarana Pembelajaran

7.    STD/SPMI-ITSK.RSS/SNP.07. Standar Pengelolaan Pembelajaran

8.    STD/SPMI-ITSK.RSS/SNP.08. Standar Pembiayaan Pembelajaran

B. Standar Penelitian 

9.    STD/SPMI-ITSK.RSS/SP.01. Standar Hasil Penelitian

10.  STD/SPMI-ITSK.RSS/SP.02. Standar Isi Penelitian

11.  STD/SPMI-ITSK.RSS/SP.03. Standar Proses Penelitian

12.  STD/SPMI-ITSK.RSS/SP.04. Standar Penilaian Penelitian

13.  STD/SPMI-ITSK.RSS/SP.05. Standar Peneliti

14.  STD/SPMI-ITSK.RSS/SP.06. Standar Sarana dan Prasarana Penelitian

15.  STD/SPMI-ITSK.RSS/SP.07. Standar Pengelolaan Penelitian

16.  STD/SPMI-ITSK.RSS/SP.08. Standar Pendanaan dan Pembiayaan Penelitian

C. Standar Pengabdian kepada Masyarakat (PkM)

17.  STD/SPMI-ITSK.RSS/SPkM.01. Standar Hasil PkM

18.  STD/SPMI-ITSK.RSS/SPkM.02. Standar Isi PkM

19.  STD/SPMI-ITSK.RSS/SPkM.03. Standar Proses PkM

20.  STD/SPMI-ITSK.RSS/SPkM.04. Standar Penilaian PkM

21.  STD/SPMI-ITSK.RSS/SPkM.05. Standar Pelaksana PkM

22.  STD/SPMI-ITSK.RSS/SPkM.06. Standar Sarana dan Prasarana PkM

23.  STD/SPMI-ITSK.RSS/SPkM.07. Standar Pengelolaan PkM

24.  STD/SPMI-ITSK.RSS/SPkM.08. Standar Pendanaan dan Pembiayaan PkM

D. Standar Akademik dan Non Akademik sesuai dengan Visi, Misi, dan Tujuan  ITSK RS dr. Soepraoen Malang  serta tradisi akademik di ITSK RS dr. Soepraoen Malang  (ada 40 standar)

Standar Bidang Akademik (ada 16 standar)

25.    STD/SPMI-ITSK.RSS/S.ITSK.RSS.01. Standar Tridhama Pendukung  Visi Misi

26.    STD/SPMI-ITSK.RSS/S.ITSK.RSS.02. Standar Pembimbingan TA

27.    STD/SPMI-ITSK.RSS/S.ITSK.RSS.03. Standar Pembimbingan Akademik

28.    STD/SPMI-ITSK.RSS/S.ITSK.RSS.04. Standar Kinerja Program Studi

29.    STD/SPMI-ITSK.RSS/S.ITSK.RSS.05. Standar Kinerja Laboratorium

30.    STD/SPMI-ITSK.RSS/S.ITSK.RSS.06. Standar Kinerja Perpustakaan

31.    STD/SPMI-ITSK.RSS/S.ITSK.RSS.07. Standar Suasana Akademik

32.    STD/SPMI-ITSK.RSS/S.ITSK.RSS.08. Standar Studi Lanjut Dosen

33.    STD/SPMI-ITSK.RSS/S.ITSK.RSS.09. Standar Penjadwalan dan Perubahan Jadwal Perkuliahan

34.    STD/SPMI-ITSK.RSS/S.ITSK.RSS.10. Standar Peninjauan Kurikulum

35.    STD/SPMI-ITSK.RSS/S.ITSK.RSS.11. Standar Daftar Ulang Mahasiswa

36.    STD/SPMI-ITSK.RSS/S.ITSK.RSS.12. Standar Penyusunan KRS  Mahasiswa

37.    STD/SPMI-ITSK.RSS/S.ITSK.RSS.13. Standar Penyusunan KHS  Mahasiswa

38.    STD/SPMI-ITSK.RSS/S.ITSK.RSS.14. Standar Kuliah Semester Pendek

39.    STD/SPMI-ITSK.RSS/S.ITSK.RSS.15. Standar Cuti Akademik Mahasiswa

40.    STD/SPMI-ITSK.RSS/S.ITSK.RSS.16. Standar Ujian TA

Standar Non-Akademik (ada 24 standar)

41.    STD/SPMI-ITSK.RSS/S.ITSK.RSS.17. Standar Tata Pamong

42.    STD/SPMI-ITSK.RSS/S.ITSK.RSS.18. Standar Penerimaan Dosen dan Tenaga Kependidikan

43.    STD/SPMI-ITSK.RSS/S.ITSK.RSS.19. Standar Kinerja Dosen

44.    STD/SPMI-ITSK.RSS/S.ITSK.RSS.20. Standar Kinerja Tenaga Kependidikan

45.    STD/SPMI-ITSK.RSS/S.ITSK.RSS.21. Standar Pengelolaan Anggaran

46.    STD/SPMI-ITSK.RSS/S.ITSK.RSS.22. Standar Penyelesaian Pelanggaran Kode Etik

47.    STD/SPMI-ITSK.RSS/S.ITSK.RSS.23. Standar Pengadaan Sarana Prasarana

48.    STD/SPMI-ITSK.RSS/S.ITSK.RSS.24. Standar Pemeriksaan, penerimaan, pendistribusian barang

49.    STD/SPMI-ITSK.RSS/S.ITSK.RSS.25. Standar Inventarisasi Sarana dan Prasarana

50.    STD/SPMI-ITSK.RSS/S.ITSK.RSS.26. Standar Pemeliharaan dan Perbaikan Sarana dan Prasarana

51.    STD/SPMI-ITSK.RSS/S.ITSK.RSS.27. Standar Penggunaan Listrik dan Telpon

52.    STD/SPMI-ITSK.RSS/S.ITSK.RSS.28. Standar Pengunaan Aula

53.    STD/SPMI-ITSK.RSS/S.ITSK.RSS.29. Standar Peminjaman Barang Bergerak dan Peralatan

54.    STD/SPMI-ITSK.RSS/S.ITSK.RSS.30. Standar Penghapusan Barang

55.    STD/SPMI-ITSK.RSS/S.ITSK.RSS.31. Standar Sistem Informasi

56.    STD/SPMI-ITSK.RSS/S.ITSK.RSS.32. Standar Kemahasiswaan

57.    STD/SPMI-ITSK.RSS/S.ITSK.RSS.33. Standar Pelayanan Beasiswa

58.    STD/SPMI-ITSK.RSS/S.ITSK.RSS.34. Standar Pelayanan Administrasi Proposal Kegiatan Mahasiswa

59.    STD/SPMI-ITSK.RSS/S.ITSK.RSS.35. Standar Keluhan Pelanggan

60.    STD/SPMI-ITSK.RSS/S.ITSK.RSS.36. Standar Kepuasan Stakeholders Internal

61.    STD/SPMI-ITSK.RSS/S.ITSK.RSS.37. Standar Pendaftaran Wisuda

62.    STD/SPMI-ITSK.RSS/S.ITSK.RSS.38. Standar Penelusuran Lulusan

63.    STD/SPMI-ITSK.RSS/S.ITSK.RSS.39. Standar Penyusunan MoU

64.    STD/SPMI-ITSK.RSS/S.ITSK.RSS.40. Standar Pelaksanaan Kerjasama